Tiga Cara Mudah Rekam Percakapan Panggilan di WhatsApp

Akun WhatsApp Tak Aman Lagi, Pemerintah Harus Lindungi Masyarakat
Akun WhatsApp Tak Aman Lagi, Pemerintah Harus Lindungi Masyarakat

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email

Jakarta – Melakukan panggilan menggunakan aplikasi WhatsApp sudah jamak dilakukan saat ini. Sayangnya, sampai saat ini, aplikasi ini belum menyediakan fitur yang dapat merekam percakapan saat melakukan panggilan.

Lantas bagaimana jika isi obrolan tersebut penting dan pengguna ingin merekam perbincangannya saat melakukan panggilan melalui aplikasi WhatsApp?

Dilansir dari berbagai sumber, berikut cara mudah merekam telepon di WhatsApp:

READ  Untuk Misi Luar Angkasa, China Bangun Antena Parabola Raksasa

1. Menggunakan perekam suara di ponsel

Di setiap gawai modern saat ini pasti tersedia fitur perekam suara. Fitur tersebut dapat dimanfaatkan untuk merekam saat kita melakuka panggilan melalui aplikasi WhatsApp. Caranya, saat tengah menelpon, keluar dari aplikasi lalu masuk ke menu smartphone. Selanjutnya cari aplikasi perekam suara yang sudah tersedia. Pengguna pun dapat merekam semua obrolan di WhatsApp. Setelah selesai, user dapat menyimpan file hasil rekamannya.

Meskipun begitu, cara ini memiliki kelemahan, yakni hasil rekaman yang didapat tidaklah jernih.

2. Cube Call Recorder

Cara ini diklaim dapat menghasilkan rekaman suara yang bersih dari noise. Namun pengguna harus mengunduh dan menginstal aplikasi ini terlebih dulu.

Cara penggunaanya, saat melakukan penggilan WhatsApp, pengguna dapat langsung membuka aplikasi ini. Ketuk icon microfon yang ada di sudut kanan bawah. Apabila ingin berhenti merekam, ketuk sekali lagi icon tersebut. Hasil rekaman pun akan tersimpan otomatis.

READ  Belum Rilis, Samsung Galaxy M62 Sudah Terpasang di Situs Resmi

3. Menggunakan ponsel lain

Cara lain yang bisa dilakukan untuk merekam percakapan saat melakukan panggilan menggunakan aplikasi WhatsApp, yakni menggunakan ponsel lain.

Saat menggunakannya, buat panggilan menjadi mode loudspeaker. Dekatkan ponsel yang digunakan untuk merekam agar hasil rekaman terdengar jelas. Selanjutnya simpan file hasil rekaman pembicaraan. (Zak/IJS)

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email

Baca Juga